Pada dasarnya, anak sangat suka sekali bermain. Dan dalam melaksanakan aktifitas yang satu ini, anak mempunyai peluang yang cukup besar untuk terjatuh dan terluka. Karena itu, ada baiknya jika Anda selalu menyediakan obat luka jatuh pada anak di rumah.

Dalam memilih obat luka, Anda sebaiknya mengabaikan mitos yang mengatakan bahwa semakin perih obat, maka semakin cepat luka untuk sembuh. Justru sebaliknya, rasa perih yang muncul akibat obat luka hanya akan membuat anak menjadi lebih menderita. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih menyediakan obat yang disebutkan di bawah ini.

Obat untuk Menyembuhkan Luka pada Anak

  1. Obat Antibakteri

Obat yang pertama ialah yang mengandung antibakteri. Obat ini pada dasarnya tidak membantu mempercepat proses sembuhnya luka, hanya saja obat yang mengandung antibakteri dapat membantu mencegah terjadinya infeksi. Dengan demikian, luka mempunyai dukungan yang lebih untuk sembuh secara alami.

  1. Obat Antiseptik yang Aman

Pada awalnya orang-orang menggunakan desinfektan alkohol dan antiseptik berupa obat-obat yang mengandung iodine saat membersihkan luka. Memang kedua obat ini cukup efektif membunuh kuman. Akan tetapi, baik alkohol maupun iodine sama-sama mempunyai sifat mengiritasi kulit sehingga dapat membuat luka jadi terasa perih.

Selain itu, alkohol justru merusak jaringan kulit yang telah rusak dan dapat membuat kulit yang masih sehat di area sekitar luka jadi kering. Dengan adanya dua kondisi ini, maka proses pembaharuan kulit bisa terhambat sehingga luka memerlukan waktu yang lebih lama untuk sembuh.

Karena itu, sebaiknya Anda pilih cairan antiseptik yang lebih aman dan sifatnya melembabkan. Misalnya, cairan antiseptik PHMB atau polyhexamethylene biguanide. Bahan ini juga sama efektifnya dalam hal membunuh kuman. Namun, cairan ini tidak akan menghambat proses penyembuhan luka serta tidak menimbulkan rasa perih.

  1. Obat Alami

Meski di apotik dan di toko-toko obat telah tersedia sejumlah obat yang dapat menyembuhkan luka pada anak, namun ternyata bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi luka anak. Contohnya seperti gel lidah buaya dan tea tree oil.

Selain ada luka berat, ada pula yang disebut dengan luka ringan. Namun, apapun luka yang dialami oleh anak, hendaknya tetap dirawat dengan baik supaya tidak muncul kemungkinan-kemungkinan yang tak diinginkan. Nah, kalau Anda ingin mendapatkan informasi kesehatan yang lain, Anda dapat membuka platform Gue Sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *