Semakin mendekati musim penghujan para Ibu sebaiknya lebih waspada akan berbagai penyakit yang kerap kali menyerang saat musim penghujan tiba. Terdapat lebih dari 200 virus mengintai si kecil yang masih bayi saat musim ini tiba. Sebaiknya Anda simak uraian berikut ini untuk mengatasi flu pada bayi, mengetahui Obat pilek untuk bayi yang aman, dan  demi memberikan pengobatan yang maksimal.

Langkah awal mengatasi flu

Langkah awal dalam mengatasi flu yang dapat Anda lakukan di rumah adalah:

  1. Untuk menghindari hidung tersumbat, tempatkan bayi di ruangan yang bebas dari AC. Bila anak Anda terbiasa terkena AC maka gunakan mesin pelembab udara atau gunakan mesin esensial dengan aroma menthol.
  2. Jika anak Anda berumur di atas 6 bulan, maka Anda dapat memberikan teh hangat untuk mengurangi hidung tersumbat yang dialami oleh anak Anda
  3. Gunakan kapas yang dibasahi air panas untuk membersihkan cairan lendir yang mengeras pada hidung anak Anda.
  4. Untuk membantu meringankan pernapasan anak Anda, tidurkan dengan posisi tengkurap sembari berikan tepukan pada punggungnya.
  5. Apabila pilek atau flu yang dialami anak Anda sudah cukup mengganggu maka Anda dapat menggunakan larutan campuran air dan garam untuk membuat lendir menjadi lebih encer dan lebih gampang untuk dikeluarkan.

Obat flu Bayi

Obat flu untuk bayi biasanya merupakan obat alami karena flu pada bayi masih bisa disembuhkan secara alami. Obat-obat tersebut adalah:

  1. Madu

Madu dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat menyembuhkan anak dari radang tenggorokan, batuk, dan dapat membunuh bakteri yang menginfeksi saluran peenapasan.

  1. Air Susu Ibu

Air susu ibu atau ASI selain untuk mengenyangkan perut bayi ternyata juga dapat menjadi obat alami bagi bayi yang sedang mengalami flu. Hal tersebut dikarenakan ASI mengandung antibodi yang dapat membantu menyerang penyakit.

  1. Larutan Saline

Larutan saline atau larutan garam merupakan larutan yang berkhasiat untuk mengeluarkan lendir yang telah mengeras dari hidung bayi.

Sekian Info kesehatan yang dapat menambah pengetahuan Ibu-ibu semua. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *