Honda mengejutkan GIIAS pada 2019 dengan meluncurkan sepeda motor baru yang disebut “Honda ADV 150”. Sepeda motor petualang otomatis bersaing dengan Maxi Scooters Yamaha, terutama NMAX dan Aerox. Desainnya mirip dengan Honda X-ADV 750, tetapi spesifikasi dan fungsinya sangat berbeda. Mesin ini dijual dengan harga yang satu tingkat di atas NMAX, tetapi lebih murah daripada Honda PCX. Bahkan, motor ini lebih cocok bersaing dengan Yamaha Aerox, yang keduanya bersaing di kelas 150cc. Keduanya juga menggunakan desain Maxi Scooter untuk kenyamanan maksimal saat berkendara. Honda ADV 150 saat ini bersaing di kelas petualangan matic 150cc saja. Meski ada Yamaha Aerox, tetapi konsepnya berbeda. Aerox menghadirkan desain yang sporty. Gaya ADV 150 Aventure untuk pria. Nah, Honda sebenarnya ingin melihat potensi pasar, sehingga motor ini memiliki potensi untuk laku dan dikejar oleh penggemar mobil di negara ini.

Menariknya, Honda Indonesia memilih untuk mengadakan premier dunia dari Honda ADV 150. Ini berarti bahwa Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang merasakan petualangan motor otomatis yang hebat. Lihat ulasan berikut untuk mengetahui secara tepat apa pro dan kontra dari sepeda motor Honda ADV 150. Untuk lebih jelasnya silahkan kujungi https://otomotifnet.gridoto.com/read/231804358/honda-adv150-sudah-ada-bekasnya-pemilik-cuma-pakai-1-2-hari-ahm-kasih-komentar untuk mendapatkan informasi detailnya.

Desain Body

Desain adventure yang unik dan ekstrem adalah keuntungan terbesar dari Honda ADV 150. Honda benar-benar memaksimalkan kemampuannya untuk merancang motor ini. Terbukti dengan desain yang mengejutkan semua orang. Tidak hanya itu, motor ini juga menawarkan berbagai teknologi modern yang dapat mengalahkan kelas motor. Teknologi canggih Honda ADV 150 dapat dilihat menggunakan lampu LED Penuh yang terintegrasi dengan indikator arah dan DRL. Bentuk lampu depan sempit dan melekat pada semacam alis, jika tidak Daytime Running Light (DRL).

Bagian depan Honda ADV 150 terlihat sangat ikonik. Selain itu, Honda selesai dengan suspensi depan teleskopik yang memiliki perjalanan yang sangat panjang, sehingga menegaskan bahwa ADV 150 adalah motor Adventure. Selain itu, mesin ini dilengkapi dengan kaca depan yang jelas, yang dapat dikurangi secara manual. Lokasi pelat nomor depan juga ideal karena braket khusus telah disediakan di bawah lampu depan. Kemudian sisi tengah memiliki pijakan kaki lebar yang membuat posisi mengemudi santai dan lebih nyaman. Tangki ini juga berada di tengah sandaran kaki dan dapat menampung hingga 8 liter bahan bakar.

Seringkali Honda ADV 150 dibandingkan dengan Yamaha NMAX.  Dari sisi tampilan unggul dalam sisi pencahayaan karena HONDA ADV 150 menggunakan lampu sein LED, sedangkan Yamaha NMAX dengan bohlam biasa.

Dimensi & Bobot

Dimensi motor ini jauh dari kata-kata kecil. Honda ADV 150 terlihat seperti Yamaha Aerox dan skuter Maxi lainnya. Di mana tubuh memiliki total panjang 1.950 mm, lebar 763 mm dan tinggi 1.153 mm. Kemudian kursi memiliki ketinggian 795 mm dan wheelbase 1.324 mm. Bagi mereka yang memiliki hubungan singkat, mereka harus siap untuk membuat balet berjinjit. Selain jarak tempat duduk yang tinggi, motor ini juga memiliki grounding 165 mm. Kemudian untuk bobot 132 kg untuk tipe CBS dan 133 kg untuk tipe ABS. Tentu saja, jika itu cukup berat, karena bentuk tubuhnya juga bagus.

Performa Mesin

Berbicara soal kinerja, Honda ADV 150 mengandalkan mesin SOHC 4-tak 150cc. Mesin memiliki kapasitas penyemprotan 10,7 kW atau setara dengan 14,5 PS pada 8.500 rpm. Sedangkan torsi maksimum 13,8 Nm dicapai pada 6.500 rpm. RPM. Torsi Honda ADV 150 satu tingkat lebih tinggi dari PCX Honda. Sebagai perbandingan: PCX memiliki torsi 13,2 Nm dan ADV 150 sebesar 13,8 Nm. Namun untuk tenaganya sedikit kurang, karena mesin PCX Honda dapat menghasilkan tenaga maksimum 14,7 PS.

Bagaimana jika kita membandingkannya dengan Yamaha NMAX?

Kalau Yamaha NMAX masih starter dinamo konvensional, meski unggul di sistem klep. Sangat disayangkan bahwa kekuatan dan torsi Honda ADV 150 jauh di bawah NMAX. Skuter Yamaha Maxi dapat meledakkan 11,1 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 14,4 Nm pada 6.000 rpm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *